PENGARUH HARGA DAN PROMOSI TERHADAP VOLUME PENJUALAN PADA KEDAI DIM SUM DI BANDA ACEH
DOI:
https://doi.org/10.56857/jtb.v9i1.20Keywords:
Harga, Promosi, dan Volume PenjualanAbstract
Ruang lingkup penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh harga dan promosi terhadap volume penjulan pada Kedai Dim di Banda Aceh. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif yang bersifat asosiatif. Analisis data yang digunakan peneliti dalam penelitian ini adalah analisis regresi linear berganda. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, nilai thitung untuk X1 (2,115) > ttabel (1,782) dan tingkat signifikansi sebesar 0,056 > 0,05 dan nilai thitung untuk X2 (1,985) > ttabel (1,782) dan tingkat signifikansi sebesar 0,070 > 0,05, maka dapat disimpulkan bahwa secara parsial variabel harga (X1) dan variable promosi (X2) berpengaruh signifikan terhadap volume penjualan (Y), pada Kedai Dim sum di Banda Aceh. Sedangkan pengaruh secara simultan adalah hasil dari Fhitung untuk variable bebas (harga dan promosi) sebesar 6,075 dengan tingkat signifikan sebesar 0,015. sedangkan nilai Ftabel sebesar pada α = 0,05 adalah sebesar 3,89 maka variable harga dan vaiabel promosi secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap volume penjualan (Y) pada Kedai Dim sum di Banda Aceh. Selanjutnya hasil koefisien determinasi menunjukkan bahwa R2 50,3% variabel bebas (harga dan promosi) menjelaskan variabel terikat (volume penjualan) dan 49,7% dipengaruhi oleh variabel lain. Saran-saran yang dapat diberikan oleh peneliti berdasarkan temuan penelitian adalah ada baiknya Kedai Dim sum di Banda Aceh harus menerapkan harga yang terjangkau dan promosi yang sesuai dengan keinginan setiap konsumen, dimana hal tersebut dapat meningkatkan volume penjualan dan dapat memperbaiki manajemen usahanya.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 JAKTABANGUN: Jurnal Akuntansi & Pembangunan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.