PENGARUH BREAK EVEN POINT (BEP) TERHADAP LABA PERUSAHAAN PADA PT. ‘AINI SEJAHTERA LHOKSEUMAWE

Authors

  • Cut Muftia Keumala
  • Melidza Lestari Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Lhokseumawe
  • Maryana Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Lhokseumawe
  • Shalawati Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Lhokseumawe

DOI:

https://doi.org/10.56857/jtb.v8i2.13

Keywords:

Pertumbuhan Penjualan, BEP, Laba

Abstract

PT ‘Aini Sejahtera Lhokseumawe dikenal sebagai salah satu perusahaan yang bergerak di bidang industri pengolahan air mineral dalam kemasan dengan merk dagang ‘Ainiqua. Sebagai perusahaan air minum yang dikenal di Lhokseumawe, sangat penting untuk tetap mempertahankan eksistensi perusahaan tentunya dengan jumlah laba yang diharapkan meningkat dari tahun ke tahun. Untuk mempertahankan jumlah laba maka harus terlebih dahulu diketahui titik pulang pokok dari total penjualan sehingga akan membantu manajemen dalam pengambilan keputusan. Dalam analisa Break Even Point akan dapat menunjukkan suatu sasaran volume penjualan minimal yang harus dicapai oleh perusahaan. Tujuan penelitian ini adalah untuk melakukan pengujian dan menganalisis Break Event Point (BEP) pada Pt ‘Aini Sejahtera Lhokseumawe. Objek penelitian ini adalah Break Even Point (BEP) dan pertumbuhan penjualan (Laba)  periode tahun 2016-2020. Sampel dalam penelitian ini adalah laporan keuangan Pt ‘Aini Sejahtera Lhokseumawe periode tahun 2016-2020. Dari Hasil penelitian menunjukkan bahwa break even point memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap pertumbuhan penjualan (laba) dengan nilai t hitung sebesar 3,224 lebih besar daripada t tabel sebesar 2,131 (3,224 > 2,131) serta niali signifikan sebesar 0,0000 lebih kecil daripada signifikan yang telah ditentukan sebesar 0,05 (0,0000 < 0,05).

Published

22-05-2024